Tanya Jawab · Uncategorized

Tanya Jawab Haidl, Nifas dan Istihadloh

Pertanyaan 1

Q: Kalau dalam masa nifas boleh ga baca alquran (misal surat yasin) dengan niat untuk doa? Kayak pas aqiqah nanti kan ada yasinannya, wanita nifas boleh ikutan baca ga?

A: Boleh dengan niat dzikir.

 

Pertanyaan 2

Q: Misalnya haid sudah berhenti lalu kita sudah mandi wajib dan shalat tiba-tiba saat akan shalat selanjutnya keluar lagi sedikit, shalat yang tadi sah tidak? Lalu apakah harus langsung mandi wajib lg dan shalat atau menunggu dulu sampai memastikan darah benar-benar berhenti?

A: Sholat tidak sah dan mandinya nunggu benar-benar berhenti

 

Pertanyaan 3

Q: Bagaimana sebaiknya membuang pembalut sekali pakai setelah haid? Apakah betul tidak boleh langsung dibuang saja dan harus dicuci dulu?

A: Tidak, itu hanya mitos orang jawa.

Q: Istri tertarik dengan mitos jawa tadi…maklum jawane kental iki, terkait yg pembalut langsung buang…apakah memang gapapa?

A: iya gapapa, jare wong jowo kalau itu tidak dicuci dahulu darahnya akan dimakan siluman hehehe.

 

Pertanyaan 4

Q: Adakah riwayat mengenai pengalaman haid istri-istri atau putri nabi seperti apa?

A: Untuk riwayat bagaimana bentuk haidnya saya belum nemu, tapi jika riwayat tentang ketika istri rosul sedang seranjang dengan Rasulullah SAW kemudian istri Rasullullah diam-diam keluar mengambil izar (pakaian yg menutupi pusar sampai lutut), kemudian NABI menanyai apakah kamu sedang haid ? Istri Rosul mengiyakan, kemudian beliau memanggilnya dan tidur berselimut dengan Rasulullah SAW.

 

Pertanyaan 5

Q: Cak munir, sebenernya kenapa kalo lagi haid ga boleh bersetubuh, dulu ceritanya kenapa??

A: Keterangan haid tercantum pada surat Al Baqoroh ayat 222, pada saat itu orang Yahudi dan Arab jahiliah menganggap wanita haid adalah najis. Dia tidak mau makan minum bersama. Sedangkan orang- orang nasrani tidak apa istri digauli. Kemudian sohabat bertanya pada Nabi dan turunlah ayat tersebut, dan bersabda segala sesuatu boleh kamu perbuat dengan istrimu kecuali bersetubuh. Disamping itu menurut kedokteran berhubungan dalam keadaan haid akan menimbulkan infeksi pada rahim.

Q: Trus kalau kebelet gimana cak?

A: Istimna; tok wae mas. Pokoknya gak masuk…

 

Pertanyaan 6

Q: Cak, apa memang ada aturannya kalau sudah haid tidak boleh gunting kuku dan keramas (takut ada rambut yg rontok)?
—> betul nih cak saya juga mau tanya. katanya kalau ga dikumpulkan dan disucikan nanti jadi saksi yang memberatkan di akhirat, benarkah?

A: Menurut ulama’ fiqih ketika darah sudah berhenti dan belum mandi maka tidak boleh dipotong, jika terlanjur maka harus dikumpulkan dan dibasuh ketika mandi.

Jika sebelum darah haid berhenti maka sunnahnya tidak dipotong.

Sedangkan menurut ulama’ tasawuf kuku dan rambut tidak boleh dipotong sampai ketika mandi. Jika dipotong maka kuku dan rambut itu meminta pertanggung jawabannya.

Q: Selama ini saya tau sih cak ada yang bilang harus dikumpulin dan dibersihkan bareng, tapi saya ga yakin makanya ga dilakuin..aduhh gimana nanti ya pertanggungjawabannya 😭.

A: Kalau belum tau ya Insya Allah  gapapa.

Q: Tidak boleh potong kuku & rambut berlaku juga untuk masa nifas cak?

A: Iya sama.

Q: Nanti klo udah dikumpulkan terus dibilas dikemanain ya rambutnya?

A: Ya ditanam.

Q: Tapi saya pernah baca (sekilas) bahwa potong kuku, cukur ketiak adalah fitrah manusia, tidak dijelaskan kapan waktu melakukannya, gimana ini cak?

A: Mungkin yang anda baca itu adalah kesunahan-kesunahan ketika hari jum’at.

Q: Ada hadist atau ayatnya ga cak tentang potong kuku & rambut itu? Pertanggungjawaban seperti apa ya yang dimaksud?

A: Tidak ada hadistnya ini keterangan di kitab tasawuf. Ada cerita orang yang haid kemudian memotong kuku, setelah dia meninggal kuku-kuku itu demontrasi protes mengapa saya kok ga disucikan.

 

Pertanyaan 7

Q: Potong rambut dan rambut yang rontok diperhitungkan sama ya??

A: Tidak. Yang potong rambut kan sengaja dipotong.

Q: Mungkin maksudnya masalah pensuciannya?

A: Kalo saya, udah tahu lg haidl mending tidak potong rambut dulu, sabar beberapa hari sampai suci. Ya, nanti pas mandi besar disucikan sekalian rambutnya.

Q: Maksudku yang keramas mba, rambut yang rontok. Karena selama ini aku tiap hari keramas termasuk saat haid. Kalau potong rambut setaun ga potong pun aku kuat 😁😁

A: Oooooo…boleh dikumpulkan terus pas mandi besar dibasuh (ikut tasawwuf).
Opsi lain, ketika sudah yakin bersih suci tapi blm sempat mandi lalu ada yg rontok, cuma itu saja yang dibasuh. Jadi yang rontok ketiks darah masih keluar tidak usah disucikan (ikut ahli fiqh)

 

Pertanyaan 8

Q: Dasarnya apa kitab tasawuf bisa digunakan sebagai dasar hukum fiqih?

A: Ulama’ warosatul anbiya’.

Q: Apa itu warosatul anbiya?

A: Pewaris nabi.

 

Pertanyaan 9

Q: Masih bingung juga dengan perbedaan darah kuat dan darah lemah. Mungkin bs dijelaskan dengan bahasa sehari-hari. (flek coklat, dll apa itu termasuk darah lemah).

A: Iya mbak. Kalau selama haidl itu kita lihat mana yang paling kuat warnanya ya itu darah kuat. Misal kalau saya merah pekat sampai mau hitam. Setiap orang bisa berbeda-beda.

 

Pertanyaan 10

Q: Mbak mau tanya dong, kalau lagi haid (misal 7 hari), nah hari ke 6-7 itu sudah ga darah lagi tp berubah kecoklatan seperti coklat susu dan bila dilap pakai tissue sudah tidak berbekas, itu boleh mandi wajib mba?

A: Cara liat suci nya gini mbak, pas sudah liat di CD nya bersih, diyakinkan dengan mengecek bagian dalam, yaitu sambil jongkok trus dilap sama kapas kering. Kalau bersih sih sih putih tih tih..itu berarti sudah suci 👌

Q: Harus kapas ya mbak? Kalau tissue boleh juga kan?

A: Yang yakin bisa menyerap aja. Tissue mungkin gapapa, tapi apa ga sakit soalnya kasar😆

 

Pertanyaan 11

Q: Ini ada pertanyaan deh, biar agak mikir dikit:
Jika ada orang pada tanggal 1 keluar darah 5 jam,tanggal 2 berhenti sampai tanggal 6, tanggal 7 keluar lagi 10 jam, tanggal 8 (2 jam), tanggal 9 berhenti sampai tanggal 14, tanggal 15 (5 jam). Berapa hari haidnya ?

A: Ga nyampe 24jam cak?

Q: Berarti kapan haidnya ?

A: Berarti ini bukan darah haid ya? Ini istihadloh?

Q:  Iya betul. Jika bulan 1 haid 7 hari, bulan 2 haid 7 hari, bulan ke 3 keluar darah tanggal 1 sampai 5 ,tanggal 6, 7, 8, 9 berhenti, tanggal 10 sampai tanggal 16, berapa hari haidnya. Soalnya kurang tanggal 1 sampai tanggal 16 keluar lagi.

 

Pertanyaan 12

Q: Anu cak nanya….kalo saya entah yang lain, ndak begitu pasti tau keluar darahnya berapa jam….karena ngeceknya ndak tiap jam tapi biasanya lebih pas saat mandi ato pas dirasa penuh 🙈. Nah taunya itu bukan haid tp istihadhoh gimana?

A: Kalau sudah biasanya adatnya beberapa hari keluar berarti kan lebih dari 24 jam. Yang namanya isthadloh itu dilihat dulu, darah sudah berhenti keluar sebelum 24 jam atau masih keluar lebih dari 15 hari.

 

Pertanyaan 13

Q: Kalau lagi mens boleh gak baca juz amma? Terus boleh juga ngga ngajarin anak belajar ngaji gitu tanpa megang quran/iqro?

A:  Jika diniati dzikir boleh.

 

Pertanyaan 14

Q: Darah seperti apa yang dikatakan sebagai darah haid? Kalau sudah kecoklatan (coklat susu/coklat tua) itu tetap darah haid atau bukan?

A: Warna darah ada 5, hitam, merah, abu abu (antara merah dan kuning), kuning dan keruh (antara kuning dan putih, kadang orang mengatakan coklat ). Jika masih seperti diatas maka masih haid.

 

Pertanyaan 15

Q: Kalau lagi haid boleh dengerin ngaji atau datang ke pengajian di masjid?

A: Boleh dengerin ngaji, jika berdiam diri dalam masjid maka tidak boleh. Jika diluar/ pelataran masjid maka boleh,

 

Disarikan dari Kulwap Grup Islam Scientist

23 Februari 2016

Narasumber : Sirojul Munir

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s