Tanya Jawab

Tanya-Jawab : Apa itu mazhab?

Pertanyaan 1:
Q: cak, mazhab setau saya dibuat 4 imam kan ya, itu mmg cuma 4 atau ada lagi sih yg lain? seperti nabi kan sebenarnya ada banyak tp yg dipelajari cuma 25 saja.

A : Ada banyak Seperti imam ja’far shodiq, abu hazm atau madzhab zaidiyah dll.tapi yg sdh sempat dibukukan oleh santrinya dn terdeteksi smpai skrg n jelas ke-orisinal an nya masih 4 madzhab itu. Yang lain banyak yg sdh tdk diikuti, tidak sprt imam 4 yg fatwa nya banyak yg msh relevan dg masa skrg.

 

Pertanyaan 2:
Q: bagaimana cara memilih mazhab yg tepat? apa dr 4 mazhab itu ada yg paling sempurna utk diikuti?

A: Cara memilih madzhab, sebenarnya cuma sesuai keyakinan aja n kondisi.
Tapi, tidak boleh d campur-campur antar madzhab.ato dipilih aja yg enak2 ato mudah2.
Jadi klo sdh memilih,hrs satu paket, semuanya dg cara satu madzhab itu

Semua madzhab sempurna, krn kesemuanya itu “min warosatil anBiya'”
Kalau mw memilih mgkn d pilih yg lebih sesuai dg kondisi kita.
Menurut pengalaman belajar saya, yg dlm menentukan hukum it lebih sangat hati2 adl imam syafi’i
Walaupun tdk mnutup kmgknan d bab lain atau masalah lain ada imam yg lbh ikhtiyad (berhati2)

 

Pertanyaan 3:

Q: jd klo kita ikut imam syafi’i dalam segala masalah harus ikut imam syafi’i?

A: Iya yg satu paket. Misal, mw sholat cara syafi’i berarti wudlu, najis n batal hrs ikut syafi’i

 

Pertanyaan 4:

Q: bagaimana kalau misalnya sholat dan paketannya ikut syafii kalau masalah sosialnya ikut maliki ,bolehkah?

A: Maksudny sosial it bgmn?

Q: misalnya ttg bab jual beli

A: Boleh.ahlussunnah wal jamaah itu ikut 4 madhab

 

Pertanyaan 5:

Q: kenapa mazhab kok ada banyak? kenapa ga bersama2 bikin dan diambil yg terbaik?

A: Lo???para 4 madhab itu tempatnya berbeda.mereka bikin hukumny d sesuaikan dg kondisi manusia n tempatnya.jd y g bisa disamain seluruh dunia jd satu

Imam syafii ajah ada qoul qodim n qoul jadid.
Di makalah d atas d terangkan klo rasulullah mmbri keluwesan hukum islam yg sesuai dg kondisi masyarakat tsb.tidak harus disamakan

 

Pertanyaan 6:

Q: mazhab dan fatwa ulama itu berbeda tidak ya? perbedaannya apa?

A: Fatwa ulama itu dalam menentukan sesuatu dasar hukumnya y 4 madzhab itu

 

Pertanyaan 7:

Q: Assalamualaikum, masi nyambung2in sama pertanyaan sebelumnya. Saya pernah baca jg kalo di Indonesia kita ikut Syafi’i tapi kalo di Mekkah (sedang beribadah Umroh / Haji) boleh mengikuti Mahzab …. (lupa di Arab pake mahzab apa hehehe). Boleh ngga sih? Saya waktu itu diajarin begitu sama muthawwifnya. misal soal batalnya wudhu.

A: Iya betul.krn d sana merupakan kondisi dhorurat shgga tdk memungkinkan pake syafi’i saja

 

Pertanyaan 8:

Q: Kalau fiqih itu apa mba? Beda dengan mazhab ya?

A: Kalau fiqh itu salah satu hukum dlm islam ttg ibadah.kalau madzhab itu jalan untuk menggali hukum

 

Pertanyaan 9:

Q: Usul kang santri…mungkin bisa dijelaskan ijtihadnya 4 imam ini ada pada masa kapan…dengan kondisi islam pada saat itu seperti apa…sehingga kita bisa menjelaskan kepada orang yg mungkin tidak mengakui adanya 4 mazab para imam….Benarkah tuduhan bahwa Imam Abu Hanifah banyak meninggalkan hadits dan beralih ke qiyas?

A: jawaban (klik di sini)

 

Disarikan dari Kulwap Grup Islam Scientist

6 Januari 2016

Narasumber : Sirojul Munir

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s